Kabar Rakosa

Sampaikan informasi dan tips tentang kebutuhan masyarakat ke 0817275800, twitter @rakosafm.....

BANK INDONESIA MENDORONG PEREKONOMIAN KE RANAH PARIWISATA

Posted by Admin Kamis, 30 Agustus 2018 Berita 0 Comments
BANK INDONESIA MENDORONG PEREKONOMIAN KE RANAH PARIWISATA

Bank Indonesia mendorong perekonomian ke ranah Pariwisata, yang merupakan penyumbang devisa terbesar ke 3 setelah kelapa sawit dan batu bara, Pariwisata sangat berpotensi untuk meningkatkan devisa dan dapat menurunkan devisit berjalan sehingga dapat memperkuat ekonomi untuk kedepannya, Pariwisata adalah salah satu usaha yang begitu cepat dalam penghasilan, sehingga Pariwisata itu dapat mendorong kebutuhan ekonomi sehingga cepat mengurangi kemiskinan, dan juga dapat mendorong peningkatan kesempatan kerja itulah mengapa Pariwisata sangat diutamakan.

Untuk medorong Pariwisata itu sendiri kuncinya adalah perlu sinergi langkah-langkah bersama dari pemerintah, kepala desa, OJK, dan walikota. Dalam hal ini yang paling utama dilakukan adalah 3A yaitu, Akses, Atraksi, dan Amenita. Juga didukung dengan 2P, 2P adalah Promosi, dan Pelaku usaha dengan cara promosi besar-besaran dan mendorong pelaku usaha. Dari aspek kedua tersebut maka sejumlah kesepakatan dari raktor pusda ini telah dilakukan yaitu mencakup setidaknya 8 aspek.

Salah satunya mengenai target yang ingin dicapai. Kesepakatan ini untuk 2019 jumlah WISMAN-nya adalah 20jt dengan jumlah devisanya 17,6 milyar USD naik dari sekitar 14 milyar USD pada tahun sebelumnya dan untuk tahun 2024 diarahkan supaya jumlah WISMAN-nya minimal 25jt dengan hasil devisit 28milyar USD destinasi yang disepakati yaitu selain Bali, Yogyakarta, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, Banyuwangi, Jakarta, Bromo, dan Kepulauan Riau. Itulah 9 destinasi yang paling cepat menghasilkan dalam jangka menengah sesuai arahan presiden.

“Mengenai pembiayaan yang sudah disepakati dalam waktu dekatakan dikeluarkan PERMENKO (Peraturan Menteri Koordinasi Perekonomi) disamping itu OJK mengeluarkan peraturan yang terkait dengan dukungan prioritas termasuk pariwisata untuk bisa mendorong pelaku usaha, selain itu untuk pembiayaan infastruktur di pariwisata akan dikembangkan pembiayaan-pembiayaan yang lain termasuk reksa dana penyertaan terbatas” ujar Mederator Bank Indonesia.

 

Share On:

0 Comments di post ini

Leave a Comment

Rakosa Radio

Jln Pandega Sakti No. 8 ( Kali Urang KM 6 ) Sleman Yogyakarta

0274.888801

info@rakosa-fm.co.id

@Website Radio Rakosa FM