Kabar Rakosa

Sampaikan informasi dan tips tentang kebutuhan masyarakat ke 0817275800, twitter @rakosafm.....

CARA MEMASAK NASI MERAH AGAR PULEN

Posted by Admin Senin, 26 November 2018 Artikel 0 Comments
CARA MEMASAK NASI MERAH AGAR PULEN

1.       Cuci beras merah seperti mencuci beras putih.

Lakukan maksimal dua kali agar serat beras tidak hilang, terutama jika anda masak beras organik. Selanjutnya tuang air ke dalam panci beras dengan perbandingan 4 : 1, misalnya empat gelas air untuk satu gelas beras merah. Tekstur beras merah itu lebih keras dari beras putih, sehingga perlu lebih banyak air dan waktu untuk memasaknya.

Oh ya, rasio tersebut berlaku jika anda masak beras merah dengan panci ya. Kalau anda memasak beras merah dengan rice cooker, pakai rasio 3 : 1 saja. Jika beras sudah terendam air, diamkan dulu selama 30 menit agar nasi merah lebih cepat matang dan pulen nantinya.

2.       Menanak nasi merah

Nyalakan api sedang dan letakkan panci beras di atasnya. Aduk beras sebentar lalu tutup panci hingga airnya mendidih. Kalau sudah mendidih, angkat tutup panci dan aduk beras hingga airnya habis. Setelah air habis dan nasi terlihat setengah matang, angkat dari api dan pindahkan nasi tersebut ke panci dandang untuk dikukus sampai matang.

Kalau pakai rice cooker, aduk nasi sebentar sebelum menekan tombol “cook”. Masak selama 35 menit lalu diamkan selama 15 menit sebelum penutup rice cooker dibuka. Setelah itu, aduk nasi merah agar uapnya keluar dan sajikan. Beberapa orang lebih pilih masak nasi merah dengan panci karena hasilnya lebih enak dan pulen. Namun ini hanya preferensi, karena kalau pakai panci memang lebih ribet dari rice cooker.

3.       Tambahkan Bahan Makanan dan Lauk Pauk

Ada banyak tips menanak beras merah yang menambahkan perasa seperti garam, mentega, atau minyak. Perasa tersebut akan mempengaruhi rasa nasi merah setelah matang, tapi tentu kandungan asli berasnya akan berubah.

Sajikan beras merah langsung dengan lauk bercitarasa seperti capcay,gulai ayam, dan ayam bumbu rujak daripada ditambahkan perasa. Tapi kalau belum terbiasa dengan beras merah, memasaknya boleh dicampur dengan beras putih, lho. Ayo dicoba!

Sumber :                               https://resepkoki.id/cara-memasak-nasi-merah-agar-pulen/

Share On:

0 Comments di post ini

Leave a Comment

Rakosa Radio

Jln Pandega Sakti No. 8 ( Kali Urang KM 6 ) Sleman Yogyakarta

0274.888801

info@rakosa-fm.co.id

@Website Radio Rakosa FM