Kabar Rakosa

Sampaikan informasi dan tips tentang kebutuhan masyarakat ke 0817275800, twitter @rakosafm.....

HARI KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KOPRI)

Posted by Admin Kamis, 29 November 2018 Artikel 0 Comments
HARI KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KOPRI)

Orang awam hanya mengenal Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) dari batik biru bercorak khas yang identik dengan organisasi ini. Selain itu, kebanyakan dari kita juga hanya tahu bahwa Korpri identik dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Berikut serba-serbi Korpri yang mungkin kita belum tahu.

Sebagian besar masyarakat awam hanya tahu kalau anggota Korpri adalah Aparatur Sipil Negara yang bekerja di berbagai instansi pemerintah dan guru-guru sekolah negeri. Mereka yang selalu terlihat memakai seragam bermotif batik Korpri setiap hari besar nasional. Tapi, ternyata berdasarkan situs Korpri.id, anggota Korpri termasuk pegawai BUMN, BUMD serta anak perusahaannya.

Korps Pegawai Republik Indonesia berdiri berdasarkan Keputusan Presiden Nomor : 82 Tahun 1971, 29 November 1971

Ternyata seragam Korpri diatur secara detail di dalam Peraturan Dewan Pengurus Korpri Nasional tentang Pakaian Seragam Korps Pegawai Republik Indonesia. Menurut situs Korpri.id, dalam beleid itu, batik Korpri harus sesuai dengan motif, corak dan ungkapan makna filosofi desain. Bahkan aturan itu juga mengatur secara rinci tentang spesifikasi teknis, berupa konstruksi benang pakan dan benang lungsi, kekuatan tarik, kekuatan sobek kain serta warna kain atau bahan, hingga ukuran dan berat kain.

Selain itu, model seragam Korpri juga diatur dalam keputusan tersebut. Kemeja Korpri untuk pria harus dengan kerah leher berdiri dan terbuka, lengan panjang dengan manset, saku dalam satu buah di atas sebelah kiri, dan kancing lima buah tertutup. Sementara pakaian Korpri untuk wanita harus berupa model blouse dengan ketentuan: kerah leher tidur dan terbuka, lengan panjang dengan dua kancing tanpa manset, saku dalam dua buah di sebelah kiri kanan bawah tertutup, dan empat kancing blouse.

Keyword : Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Pegawai RI, 29 November 2018,


Share On:

0 Comments di post ini

Leave a Comment

Rakosa Radio

Jln Pandega Sakti No. 8 ( Kali Urang KM 6 ) Sleman Yogyakarta

0274.888801

info@rakosa-fm.co.id

@Website Radio Rakosa FM