Kabar Rakosa

Sampaikan informasi dan tips tentang kebutuhan masyarakat ke 0817275800, twitter @rakosafm.....

TETAP DENGAN LINGKUNGAN YANG POSITIF MERUPAKAN SEBUAH KUNCI

Posted by Admin Sabtu, 01 Desember 2018 Artikel 0 Comments
TETAP DENGAN LINGKUNGAN YANG POSITIF MERUPAKAN SEBUAH KUNCI

Selamat Hari AIDS Sedunia Female Jogja! Iya, selamat yang ditujukan agar kita semua lebih bisa merenungkan dari dampak-dampak negatif dari penyakit mematikan satu ini. Semoga kita semua dapat terus mencegah agar terhindar dari AIDS ya guys. 

Pada awal bahasan kali ini, pasti sudah terbesit pada benak kita semua, apasih AIDS itu? Bagaimana sih cara penanganannya? Dsb.

Oke, semua itu akan kita bahas langsung pada tulisan ini guys.

Hari AIDS Sedunia sendiri jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

Awalnya, konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, ia mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.

Pencetus pertama kali pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss. Bunn dan Netter menyampaikan ide mereka kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Pgoram AIDS Global (kini dikenal sebagai UNAIDS).

Dr. Mann menyukai konsepnya, menyetujuinya, dan sepakat dengan rekomendasi bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia akan diselenggarakan pada 1 Desember 1988.

Nah, itu tadi sekilas megnenai asal usul dari Hari AIDS guys. Walaupun pada saat itu juga banyak kritik dsb, pada akhirnya Hari AIDS tetap bertahan sampai pada saat sekarang ini.

Selanjutnya, AIDS itu apasih? Berikut penjelasannya.

AIDS merupakan salah satu jenis penyakit menular dengan dampak penyakit yang sangat kuat bagi metabolisme tubuh. Walaupun tidak dapat menular secara langsung melalui kontak fisik dengan sang pengidap, lewat udara, maupun sentuhan fisik lainnya, tapi AIDS akan menular melalui infeksi HIV.

HIV sendiri merupakan virus yang menyebabkan terjadinya AIDS. Penularan virus dapat terjadi melalui cairan air susu ibu, cairan darah, cairan vagina, dan cairan sperma. Selain itu, AIDS juga melalui kontak fisik pada saat hubungan seksual pada saat saling bertukarnya cairan pasangan.

Melalui kontak melalui alat juga dapat terjadi AIDS, yakni pada saat pemakaian jarum suntik yang sama, seperti jarum suntik narkoba, jarum tato atau peralatan lain memerlukan kontak dengan aliran darah manusia.

Penularan AIDS juga dapat menular melalui ibu hamil, melalui janin lewat kontak prenatal dari plasenta ibu ke janin atau lewat ASI ke bayi yang sudah lahir.

Setelah kita mengetahui tentang AIDS, bagaimana cara mencegah agar dapat terhindar dari penyakit ini? Terdapat beberapa rincian mengenai cara pencegahannya guys.

Langkah yang sangat penting untuk mencegah AIDS yaitu tetap setia dengan pasangan. Berpasang-pasangan dengan ikatan pernikahan merupakan kunci penting. Memeriksakan kesehatan terlebih dahulu sebelum pernikahan tak kalah penting agar saling mengetahui kondisi kesehatan sepasang sejoli yang ingin menikah.

Upaya pencegahan AIDS berikutnya yaitu melalui mengadakan kegiatan dan kampaye mengenai pengarahan akhlak pergaulan bagi remaja yang positif dan bermanfaat. Melalui bentuk kegiatan tersebut, sosialisasi megnenai AIDS, penularan AIDS dan metode untuk mencegah penularan AIDS juga perlu dilaksanakan.

Mengutamakan remaja sebagai sasatan utama karena pada masa tersebut, kondisi emosional dalam mengendalikan diri belum dapat terkendali dengan baik. Sehingga, kemungkinan terjangkitnya AIDS lebih besar terjadi pada ruang lingkup pergaulan para remaja di era modern saat ini.

Semoga dapat bermanfaat guys!

Sumber            :           https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_AIDS_Sedunia

https://halosehat.com/penyakit/aids/cara-mencegah-aids

 

Share On:

0 Comments di post ini

Leave a Comment

Rakosa Radio

Jln Pandega Sakti No. 8 ( Kali Urang KM 6 ) Sleman Yogyakarta

0274.888801

info@rakosa-fm.co.id

@Website Radio Rakosa FM