Kabar Rakosa

Sampaikan informasi dan tips tentang kebutuhan masyarakat ke 0817275800, twitter @rakosafm.....

TETAP BERJAYA UDARA, DARAT, DAN LAUT INDONESIAKU !

Posted by Admin Selasa, 04 Desember 2018 Artikel 0 Comments
TETAP BERJAYA UDARA, DARAT, DAN LAUT INDONESIAKU !

Selamat Hari Artileri Female Jogja! Pada tau engga, Rakosa Female Radio terletak sangat dekat loh dengan salah satu markas tentara yang berada di Yogyakarta. Maka dari itu, lingkungan disekitar Radio Rakosa Female Radio sangat aman dan nyaman.

Nah, sebenarnya Hari Artileri itu apa sih? Istilah Artileri sendiri mucul pada abad pertengahan, yang berasal dari dari bahasa Prancis Kuno yaitu “atellier” yang berarti "mengatur", dan attillement yang berarti "peralatan".

 

 

Secara umum, artileri merupakan sebutan untuk persenjataan, pengetahuan kesenjataan, dan pasukan dalam bentuk senjata berat jarak jauh. Pada abad ke-13, seorang artillier (sebutan bagi pembuat senjata) adalah pembuat senjata perang apapun. Sampai dengan 250 tahun kemudian, kata "artileri" terus mencakup berbagai macam senjata perang.

Istilah artileri (bahasa Prancis: artillerie) juga biasa untuk menyebut alat berat tembak proyektil di medan perang. Selain itu juga untuk mendeskripsikan tentara yang bertugas menggunakan semua kebutuhan alat-alat di medan perang tersebut. Dengan ditemukannya kendaraan terbang pada awal abad ke-20, artileri mulai digunakan juga untuk menyebut senjata darat anti-udara.

Artileri juga merupakan tanah persenjataan darat paling mematikan serta efektif seperti pada saat Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Sebagian besar kematian disebabkan oleh pertempuran artileri.

Sampai masuk pada tanggal 4 Desember 1945 Letnan Jendral Urip Sumohardjo meresmikan berdirinya Markas Artileri untuk membina satuan-satuan Artileri Indonesia yang dikomandoi oleh Letnan Kolonel R.M Pratikno Suryosumarno. Markas Artileri tersebut merupakan bagian dari jawatan persenjataan Markas Besar Tentara (MBT) yang berlokasi di Yogyakarta, yang diresmikan pada tanggal 4 Desember 1945 bersamaan dengan tanggal kelahiran Artileri Internasional.

Seiring dengan peresmian tersebut, tanggal 4 Desember juga menjadi hari jadi Korps Artileri TNI AD yang kemudian ditetapkan menjadi hari jadi Korps Armed TNI AD. Setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 terbentuk juga Badan Keamanan Rakyat (BKR), Tentara Keamanan Rakyat (TKR), Tentara Keselamatan Rakyat (TKR), Tentara Republik Indonesia (TRI), seiring berjalannya waktu kemudian menjadi TNI sampai sekarang.

Terus Berjaya untuk Tentara Nasional Indonesia!

Share On:

0 Comments di post ini

Leave a Comment

Rakosa Radio

Jln Pandega Sakti No. 8 ( Kali Urang KM 6 ) Sleman Yogyakarta

0274.888801

info@rakosa-fm.co.id

@Website Radio Rakosa FM