Kabar Rakosa

Sampaikan informasi dan tips tentang kebutuhan masyarakat ke 0817275800, twitter @rakosafm.....

HARI BELA NEGARA

Posted by Admin Rabu, 19 Desember 2018 Artikel 0 Comments
HARI BELA NEGARA
Hari bela negara merupakan hari bersejarah yang jatuh pada tanggal 19 Desember, diadakannya hari bela negara ini untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia pada tahun 1948. Dimana saat itu para pahlawan pada zaman dahulu mempertaruhkan nyawa untuk melindungi NKRI dari para Agresi Militer Belanda II. Menurut Kementrian Pertahanan Republik Indonesia bahwa bela negara adalah Negara yang memiliki sikap dan perilaku warga negara yang mencintai dan melindungi Negara Republik Indonesia.
Saat Belanda mulai memasuki daerah Yogyakarta dan menangkap pemimpin Pemerintah Republik Indonesia pada sore hari di tanggal 19 Desember. Para pemimpin yang selamat dari penangkapan Belanda akhirnya mengadakan perundingan dalam memutuskan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia dan menunjuk Mr. Sjafruddin Prawiranegara sebagai ketua PDRI.
Tindakan Belanda dalam melakukan penyerangan menimbulkan reaksi yang mendunia, hal ini sangat melanggar prinsip saling menghormati kedaulatan negara lain. Selain dijadikan sebagai hari bela negara juga membangun Monumen Nasional Bela Negara di salah satu kawasan yang pernah menjadi basis PDRI dengan area seluas 40 hektare.
Dalam hari bela negara dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia berharap masyarakat sadar betapa pentingnya untuk membangun karakter disiplin, optimisme, serta mentaati peraturan yang diberikan. Hal seperti ini lah yang harus ditanamkan kepada seluruh warga negara. Tujuannya agar dapat membangun pertahanan yang lebih kuat sehingga dapat meningkatkan sistem ketahanan Nasional yang lebih tangguh.

Sumber :
https://ainamulyana.blogspot.com/2017/12/sejarah-hari-bela-negara.html
http://rilis.id/sejarah-penetapan-hari-bela-negara.html
https://polkam.go.id/peringatan-hari-bela-negara-nasional-2017/







Share On:

0 Comments di post ini

Leave a Comment

Rakosa Radio

Jln Pandega Sakti No. 8 ( Kali Urang KM 6 ) Sleman Yogyakarta

0274.888801

info@rakosa-fm.co.id

@Website Radio Rakosa FM