Kabar Rakosa

Sampaikan informasi dan tips tentang kebutuhan masyarakat ke 0817275800, twitter @rakosafm.....

SEJARAH HARI IBU YANG WAJIB KITA KETAHUI

Posted by Admin Sabtu, 22 Desember 2018 Artikel 0 Comments
SEJARAH HARI IBU YANG WAJIB KITA KETAHUI

Selamat Hari Ibu! Mungkin itu adalah kalimat yang akan mewarnai sosial media plus foto bersama ibu, atau mengucapkannya secara langsung kepada ibu. Di negara Indonesia perayaan Hari Ibu tidak memiliki tradisi khas namun hanya bersifat personal.

Namun apakah kamu tahu? Bahwa awal mula nya hari ibu bukan diperingati untuk memberikan penghargaan bagi ibu karena dedikasinya kepada keluarga? Mengutip pernyataan resmi dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak EI, Hari Ibu diperingati sebagai momen untuk mengenang dan menghargai semangat kaum perempuan dari berbagai latar belakang dalam menegakkan dan mengisi kemerdekaan.

Hal ini juga tampaknya sejalan dengan awal mula ditetapkan Hari Ibu oleh Presiden Soekarno. Pada 22 Desember 1928 diselenggarakan Kongres Perempoean Indonesia di Yogyakarta. Kongres ini di laksanakan di Dalem Jayadipuran dan dihadiri oleh 30 organisasi wanita dari 12  kota di Jawa dan Sumatera. Kongres dimaksudkan untuk menggalang persatuan antaroraganisasi yang saat itu cenderung bergerak sendiri-sendiri.

Setelah kongres yang pertama dilaksanakan, kongres kedua dan ketigapun dilaksanakan. Pada saat kongres yang ketiga pada tahun 1938, diputuskan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Kemudian pada 22 Desember 1953 sekaligus peringatan kongres yang ke 25. Presiden Soekarno melalui Dekrit No 316 Tahun 1953 menetapkan 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu.

Itulah sejarah Hari Ibu, yang awalnya diperingati untuk mengnang jasa kaum perempuan dalam mengisi kemerdekaan. Namun dalam perkembangan sekarang, Hari Ibu juga dirayakan untuk menghargai jasa Ibu dalam berbagai hal.

Sekali lagi, Selamat Hari Ibu!

Share On:

0 Comments di post ini

Leave a Comment

Rakosa Radio

Jln Pandega Sakti No. 8 ( Kali Urang KM 6 ) Sleman Yogyakarta

0274.888801

info@rakosa-fm.co.id

@Website Radio Rakosa FM