Kabar Rakosa

Sampaikan informasi dan tips tentang kebutuhan masyarakat ke 0817275800, twitter @rakosafm.....

BAHAYA ORANGTUA YANG SUKA MEMBANDINGKAN ANAK

Posted by Admin Selasa, 12 Februari 2019 Berita 0 Comments
BAHAYA ORANGTUA YANG SUKA MEMBANDINGKAN ANAK

Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda dengan anak yang lain. Sudah tugas orangtua untuk mendukung kemampuan anak ini dan tidak membandingkannya dengan anak lain. Membandingkan anak dengan anak lain nyatanya bisa berdampak buruk lho. Berikut ini ulasan lengkap mengapa orangtua sebaiknya tidak membandingkan anaknya.

1.      1. Orangtua yang selalu membandingkan akan membuat kesehatan mental anak terganggu.

Anak akan stres dan terbebani menjadi sosok yang bisa disukai orangtuanya. Ini akan membuat kemampuannya jadi tidak tereksplor dengan baik. Membandingkan akan membuat bakat alami anak terkubur.

2.Anak akan merasa dirinya tidak lebih baik dari anak lain.

 Kepercayaan dirinya akan menurun drastis dan ia tidak yakin dengan apa pun yang ia lakukan. Ia pun akan jadi anak tertutup karena minder. Jika sudah begini orangtua pun akan ikut bingung karena tak tahu perasaan si kecil.

3.Anak akan mengalami kesulitan dalam hal pembentukan jati diri.

Bisa jadi segala sesuatu yang dilakukan anak untuk orang tua semata-mata hanya untuk ingin mendapatkan pujian. Ini karena bakatnya yang terkubur.

4.Anak kemungkinan menanam benih sifat negatif

Jika yang dibandingkan dengannya adalah saudara kandungnya sendiri, maka ia akan membenci saudaranya. Iri hati akan timbul dan merusak hubungannya dengan saudaranya.

Hargai anak dan dukung kemampuan di dalam dirinya, bukan justru membandingkan, karena setiap anak punya potensi kecerdasannya sendiri. Sungguh berbahaya sekali membandingkan anak dengan anak lain.

Sumber : Fimela.com

 

Share On:

0 Comments di post ini

Leave a Comment

Rakosa Radio

Jln Pandega Sakti No. 8 ( Kali Urang KM 6 ) Sleman Yogyakarta

0274.888801

info@rakosa-fm.co.id

@Website Radio Rakosa FM