Kabar Rakosa

Rakosa Female Radio Mengajak perempuan untuk mendengar dan berbicara.....Sampaikan informasi dan tips tentang kebutuhan masyarakat ke 0817275800, twitter @rakosafm.....

Maksimalkan Potensi Donasi Digital, GO-PAY Kenalkan Inisiatif GO-PAY for GOOD ke Masyarakat Yogyakarta

Posted by NewsRoom Jumat, 21 Juni 2019 Berita 0 Comments
Maksimalkan Potensi Donasi Digital, GO-PAY Kenalkan Inisiatif GO-PAY for GOOD ke Masyarakat Yogyakarta


YOGYAKARTA, 20 JUNI 2019 GO-PAY terus mengembangkan donasi digital di Indonesia dengan memperkenalkan pemanfaatan donasi digital kepada lembaga dan yayasan di berbagai daerah di Indonesia. Kali ini, bersama dengan Kementerian Sosial RI dan Dinas Sosial D.I. Yogyakarta, GO-PAY memberikan sosialisasi kepada 100 peserta yang berasal dari berbagai lembaga dan yayasan nonprofit di D.I. Yogyakarta mengenai penggunaan teknologi digital untuk pengumpulan donasi. Upaya ini merupakan bagian dari inisiatif GO-PAY for GOOD yang bertujuan untuk memudahkan masyaraka dalam membantu sesama melalui donasi digital.

Melalui inisiatif GO-PAY for GOOD, pengguna GO-PAY bisa melakukan donasi ke ratusan organisasi dan rumah ibadah dengan cukup melakukan scan kode QR atau memilih GO-PAY sebagai metode pembayaran. Public Affairs Lead GO-PAY Armyn Gita mengatakan, "Dengan membangun ekosistem digital, berdonasi dapat menjadi semakin mudah, aman, transparan, dan tepat sasaran. Manfaat ini menjadikan donasi digital berpotensi besar untuk turut membangun Indonesia yang lebih sejahtera. Maka, GO-PAY pun terus berupaya untuk mengembangkan dan memaksimalkan potensi tersebut dengan memperkenalkan manfaatnya ke masyarakat yang lebih luas, termasuk masyarakat Yogyakarta,“ ujar Armyn.

Potensi donasi digital di Indonesia pun semakin terlihat dengan masyarakat yang juga semakin terbiasa memanfaatkan teknologi digital untuk berdonasi. Armyn menambahkan bahwa masjid-masjid yang menjadi rekan GO-PAY for GOOD rata-rata bahkan mengalami kenaikan jumlah donasi yang diterima sebesar dua kali lipat setelah menerima donasi melalui platform digital dengan kode QR GO-PAY. Selain itu, selama Bulan Ramadan lalu GO-PAY mencatat adanya peningkatan transaksi donasi digital dengan menggunakan GO-PAY sebesar 70% dibandingkan bulan-bulan sebelumnya dan juga berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 11 miliar yang terkumpul melalui Kitabisa.com dan kode QR yang bisa ditemukan di berbagai masjid dan yayasan.

”Peningkatan ini menunjukkan adanya sambutan positif dari masyarakat terhadap teknologi donasi digital. Melihat hal ini, kami harap tren donasi digital dapat menjadi semakin besar dan kami ingin agar masyarakat yang lebih luas dapat merasakan manfaatnya dengan semakin terbiasa menggunakan teknologi digital untuk pengumpulan donasi," tutur Armyn.

Direktur Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial, Kementerian Sosial RI, Mira Riyani Kurniasih pun menyambut baik dan mengapresiasi upaya pengenalan teknologi donasi digital yang dilakukan oleh GOPAY kepada masyarakat khususnya di wilayah D.I. Yogyakarta. “Potensi donasi di Indonesia cukuplah besar dengan nilai yang terkumpul secara terorganisir. Kementerian Sosial mendukung pelaksanaan donasi digital agar potensi ini dapat dimaksimalkan dan masyarakat bisa lebih banyak lagi berdonasi sehingga akan semakin banyak pula masyarakat tidak mampu yang dapat terbantu. Kami harap, sosialisasi dan pengenalan donasi digital untuk puluhan lembaga dan yayasan nonprofit dI DI Yogyakarta ini dapat menjadi pembelajaran baru bagi masyarakat Yogyakarta dan mereka dapat merasakan manfaat serta kemudahan teknologi donasi digital," ungkap Mira.

GO-PAY dan Kementerian Sosial RI sepakat bahwa kolaborasi merupakan bagian penting dalam memperkenalkan manfaat transaksi nontunai dan memaksimalkan potensn donasc digrtal. "Kemensos siap berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik swasta maupun Dinas Sosa! Provmsl untuk mensosialisasikan manfaat donasi digital ke masyarakat yang lebih luas, dan pada Bulan Jum ini, kami senang dapat menggandeng Dinas Sosial D.I. Yogyakarta," tambah Mira.

Selain Dinas Sosial D.I. Yogyakarta, inisiatif GO-PAY for GOOD juga telah bekerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dan Filantropi Indonesia, serta telah menggandeng 300 organsasu dan rumah ibadah di seluruh Indonesia, termasuk BAZNAS, Kit 'sa.com, Yayasan Rumah Zakat kantor perwakilan D.I. Yogyakarta, Yayasan Bagong Kussudiargija, dan Masjid Siti DjirzanaTYogyakarta. Mela un kerja sama dengan berbagai pihak, hingga Bulan Juni 2019, donasi digital menggunakan kode OR GOPAY telah mengumpulkan Rp 1,3 miliar sedangkan donasi digital melalui Kitabisa.com mengumpu kan Rp 32 miliar.

Digital Fundraising Manager BAZNAS, Hafiza Elvira Nofitariani mengatakan bahwa BAZNAS sebagai salah satu rekan GO-PAY, mengapresiasi upaya GO-PAY yang telah memudahkan masyarakat dalam berbagi kebaikan. ”BAZNAS berterima kasih kepada GO-PAY yang telah memberikan fasilitas keba kan bagi masyarakat Indonesia khususnya dalam membantu muzaki menunaikan zakat dan infak yang lebih mudah melalui QR code dan saldo GO-PAY, serta membantu mustah'k melalui dana zakat yang d h moon di berbagai daerah di Indonesia termasuk di Provinsi DJ. Yogyakarta," ujar Hafiza.

”GO-PAY terus mengembangkan potensi donasi digital secara konsisten dan salah satunya kami lakukan melalui kerja sama dengan berbagai pihak yang memiliki visi yang sama, yaitu untuk membangun Indonesia yang lebih sejahtera secara merata. Berbagai kerja sama ini kami lakukan juga dengan harapan agar manfaat donasi dapat dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas, ' tutup Armyn. GO-PAY for GOOD telah mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Sosial Republik Indonesia yang memastikan bahwa mekanisme digital yang digunakan dalam mengumpulkan donasi disini sesuai dengan regulasi yang berlaku.
 

Share On:

0 Comments di post ini

Leave a Comment

Rakosa Radio

Jln Pandega Sakti No. 8 ( Kali Urang KM 6 ) Sleman Yogyakarta

0274.888801

info@rakosa-fm.co.id

@Website Radio Rakosa FM