Kabar Rakosa

Sampaikan informasi dan tips tentang kebutuhan masyarakat ke 0817275800, twitter @rakosafm.....SIM Keliling Hari Jumat 26 Juli 2019 Rakosa, tidak ada pelayanan. Namun Khusus hari tersebut berada di Kantor BPPN Kusumanegara ( Dalam Rangka HUT BPPN ) Dan pada hari Selasa 30 Juli 2019 ada pelayan.....

Museum Batik Danar Hadi-Solo

Posted by Admin Rabu, 07 Agustus 2019 Berita 0 Comments
Museum Batik Danar Hadi-Solo

Museum Batik Danar Hadi terletak di sebelah timur ndalem Wuryaningratan, resmi dibuka sejak tanggal 20 Oktober 2000 pendirinya adalah bapak H. Santosa. Latar belakang didirikan batik ini berawal dari keprihatinan dan obsesi bapak H. Santosa terhadap pelestarian dan pengembangan seni kerajinan batik, sekarang museum ini menjadi tempat wisata. Bentuk dari bangunannya masih bersentuhan dengan Ndalem Wuryaningratan. Terdiri dari 11 ruangan, museum ini mengambil tema “Batik Pengaruh Zaman dan Lingkungan” nama dari batik ini unik-unik mulai dari Batik Belanda, Batik Cina, Batik Djawa Hokokai, Batik Pengaruh India, Batik Kraton, Batik Pengaruh Kraton, Batik Sudagaran dan Batik Petani, Batik Indonesia, dan Batik Danar Hadi. Menurut Bapak Santosa setiap sehelai kain batik pada warna dan polanya dipengaruhi zaman, misalnya Batik Belanda disebut Batik Belanda karena polanya dipengaruhi oleh budaya Belanda.

Selain museum, di kompleks Wuryaningratan juga terdapat sebuah restaurant bernama Soga Resto and Lounge, dengan konsep One Stop Shopping dan One Stop Batik Adventure” mereka menyediakan paket wisata batik untuk para wisatawan sehingga dapat menghemat waktu.

 

Lima belas tahun berdiri museum ini berhasil memberikan banyak manfaat untuk masyarakat maupun perusahaan. Para pengrajin kecil dapat menambah wawasan, ide, gagasan serta dapat beronsultasi secara langsung. Selain itu di museum ini juga dapat digunakan mahasiswa untuk bahan skripsi ataupun tesis tentunya tidak jauh-jauh dari kerajinan batik. Hingga kini museum ini telah mendapatkan berbagai penghargaan. Pemenang Pemenang “Excellent Award” dari Trip Advisor tahun 2013, 2014, dan 2015, “Travelers’ Choice” dari Trip Advisor tahun 2013, 2014, dan 2015, Nominator kategori “Museum Cantik” (Engaging Museum) pada Museum Awards ke – 4 tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Komunitas Jelajah Jakarta dan masih banyak lagi. 

Share On:

0 Comments di post ini

Leave a Comment

Rakosa Radio

Jln Pandega Sakti No. 8 ( Kali Urang KM 6 ) Sleman Yogyakarta

0274.888801

info@rakosa-fm.co.id

@Website Radio Rakosa FM