Kabar Rakosa

SEDANG BERLANGSUNG TALKSHOW KESEHATAN HERBAL BERSAMA KUTUS KUTUS.....

Pameran Angkasa Raya, Ruang dan Waktu Museum Negeri Sonobudoyo

Posted by Admin Senin, 16 Desember 2019 Berita 0 Comments
Pameran Angkasa Raya, Ruang dan Waktu Museum Negeri Sonobudoyo

Tahun 2019, Museum Sonobudoyo menggelar Pameran Temporer bertajuk Angkasa Raya, Ruang dan Waktu. Pameran temporer merupakan pameran tahunan yang digelar oleh Museum Sonobudoyo sebagai ruang eksplorasi koleksi. Ide awal dari pameran tahun ini adalah kompleksitas arkeo-astronomi Masyarakat Hindu Budha yang berkembang berabad-abad silam. Sistem astronomi yang berkembang pada masyarakat silam diwujudkan melalui penanda-penanda alam, dan kemudian diterjemahkan melalui produk kebudayaan. Arca Buddha penanda arah mata angin, beker zodiak, hingga manuskrip tentang pawukon, petung, dan pranata mangsa menjadi beberapa produk kebudayaan tentang astronomi tradisional yang dapat dinikmati sajian dalam pameran ini.

Narasi luas tentang kekayaan intelektual dari masyarakat nusantara inilah yang mencoba diangkat dalam sudut-sudut ruang pamer. Ruang angkasa rayasebagai ruang yang mengakomodasi pengetahuan astronomi tradisional diceritakan sebagai penanda masa kepada masyarakat. Melalui penanda inilah masyarakat nusantara membaca gelagat perubahan jagad raya. Bahkan hal ini terus berulang jauh sebelum kesadaran manusia hadir untuk mempelajari ilmu angkasa modern.

Pada pameran Angkasa Raya, Ruang dan Waktu ini ditampilkan pula koleksi unggulan (master pieces) berupa piring zodiak yang terbuat dari perak. Piring zodiak ini merupakan salah satu karya dari siswa Kunstambachscool pada tahun 1940 yang memahatkan 12 visual perlambang zodiak pada sisi piring secara melingkar. Adapula video mapping yang dapat dinikmati pengunjung sebagai ‘materi interaktif’ di ruang utama pameran.

Pameran Temporer ini dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Aris Eko Nugroho, S.IP., M.M., dan KPH. Notonegoro dari Keraton Yogyakarta. Pembukaan pameran ini dihadiri pula oleh kepala museum di Yogyakarta dan berbagai komunitas, serta masyarakat umum. Gelaran pameran yang dilaksanakan sejak 10 Desember 2019 hingga 10 Februari 2020. Pengunjung dapat menikmati pameran ini di Gedeung Pameran Temporer Sonobudoyo (eks-Gedung Koni) sejak pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Pembukaan pameran yang dilaksanakan menjelang akhir tahun diharapkan menjadi alternatif tujuan pariwisata di Yogyakarta saat pergantian tahun. Selamat datang di ruang-ruang angkasa raya, selamat menikmati pameran, selamat menerjemahkan berbagai penanda alam raya.

 

Share On:

0 Comments di post ini

Leave a Comment

Rakosa Radio

Jln Pandega Sakti No. 8 ( Kali Urang KM 6 ) Sleman Yogyakarta

0274.888801

info@rakosa-fm.co.id

@Website Radio Rakosa FM